✅Melatih Logika Berbicara - Seribu Ilmu
News Update
Loading...

Thursday, August 19, 2021

Melatih Logika Berbicara


Bagi saya berbicara atau pun menulis adalah  hal yang susah saya lakukan. Padahal dalam benak saya banyak hal yang ingin disampiakan namun entah kenapa untuk menuliskan sesuatu yang ada dalan pikiran kita begitu susah, begitu juga dengan berbicara. 

Saya juga adalah orang yang malas membaca buku, namun karena saya tau membaca adalah jendela dunia maka saya memutuskan untuk mencoba membaca buku-buku atau tulisan yang membuat saya penasaran.

Pada ahirnya saya menemukan beberapa tips untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang saya hadapi saat ini.

Dalam buku yang berjudul "Berbicara Ada Seninya" menjelaskan 5 cara untuk dapat berbicara dengan baik. 

1. Berikan alasan yang tepat untuk setiap argumen kita.

Mengawali argumen di setiap pembicaraan, mungkin menjadi hal yang tidak pernah kita lakukan.  Apalagi saat berbicara di tongkrongan.  Kita senantiasa tidak pernah menggunakan landasan argumen.

Argumen sendiri  bisa dilatih dengan memperbanyak ilmu pengetahuan, mulai dari membaca, mendengarkan atau pun menulis. Dengan  begitu kemampuan berbicara kita juga ikut meningkat. 

Memberikan definisi dan sumber informasi yang tepercaya akan membuat lawan bicara kita akan tertarik dengan apa yang kita sampaikan, ketimbang kita berbicara ngawur. 

2. Berbicaralah dengan terstuktur/ tertata/ runut.

Melakukan sesuatu dengan tertata/runut atau pun terstruktur menjadi hal yang harus kita lakukan dalam hal apapun. 

Dengan begitu apa yang kita lakukan akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Misalnya kita belajar membaca,  kita tentu mengawalinya dengan belajar mengucapkan  huruf, lalu mengeja, lalu membaca,  memahami isi bacaan,  sampai pada titik di mana kita mampu menyampaikan sesuatu dari yang kita baca. 

Begitu juga dengan berbicara, kita mengawalinya mungkin dengan argumen yang baik entah itu dengan bercerita, memberikan informasi perbandingan,  kemudian dilanjutkan ke inti permasalahan, sampai pada titik kesimpulan.

3. Gunakan kata-kata sederhana.

Dalam berbicara kita harus tau siapa lawan bicara kita. Lalu sesuaikan bahasa kita dengan mereka,  gunakan kata-kata gang mudah dipahami.  Apabila lawan bicara kita akademisi maka gunakanlah kata-kata formal.  Apabila lawan bicara kita ibu-ibu rumah tangga gunakanlah kata-kata yang santun dan bahasa rumahan agar dapat menghormati mereka.

Apabila lawan bicara kita anak-anak guanakanlah kata-kata yang dipahami oleh anak-anak.  Karena sejatinya anak-anak masih belum memilki banhak kosa kata yang mereka pahami. 

4. Konsisten.

Konsisten dalam hal apapun juga sangat diperlukan, untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Begitu juga dalam berbicara, kita harus konsisten dalam berargumen, agar lawan bicara kita yakin dengan apa yang kita sampaikan.

5. Tetap tenang.

Sikap tenag juga dibutuhkan dalam hal apapun,  begitu juga dalam berbicara.  Berbicara yang tenang akan membuat lawan bicara kita dapat memhami setiao kalimat yang kita sampaikan. Ketimbang kita berbicara dengan cepat. 

6. Jujurlah dengan keadaan.

Sikap jujur adalah hal utama dari segala sesuatu.  Begitu juga dalam berbicara, saat kita mendapatkan suatu pertanyaan mengenai sesuatu lantas kita tidak tau,  jawablah dengan jujur ketidak tauan kita. 

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done